Tafsir Tarbawi

Tafsir Tarbawi
Nama Mata Kuliah : Tarfsir Tabawi
Kode Mata Kuliah : Tar.116
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : –
Semester : II (dua) STAI YKI Padang
Dosen : A. Akbar, M. Ag

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu menghafalkan, memahami dan menerapkan dalam kehidupan ayat-ayat yang berkenaan dengan manusia, agama dan pendidikan.
Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu menghafalkan, memahami dan menerapkan dalam kehidupan ayat-ayat yang berkenaan dengan manusia, agama dan pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia (muslim), Tujuan Hidup Manusia, Keunggulan manusia dari makhluk lainnya, Kelemahan manusia, Percaya diri dan tidak putus asa, Hukum Sejarah dan perubahan sosial, Kewajiban belajar mengajar, Tujuan Pendidikan, Subyek pendidikan, Objek Pendidikan, Metode Pengajaran.

Materi/Topik :
1. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia (muslim)

– Q.S. al-An’am (6) ayat 91 – 92 org yg beriman dengan hari akhir mereka yakin dan dgn sholat mrk mrk jaga
 – Q.S. al-Baqarah (2) ayat 1 – 5, 97 sholat, zakat, qur’an, akhirat
– Q.S. Ali Imran (3) ayat 7 dan 167
Kami beriman dengan seluruh ayat termasuk mutasyabihat
– Q.S. al-Isra (17) ayat 9 dan 82
Qur’an br petunjuk ke jln yg lbh lurus
2. Tujuan Hidup Manusia
– Q.S. al-Dzariyat ayat 51 dan 56, ibadah
– Q.S. al-Baqarah (2) ayat 201, 207 – 209 kebaikan dunia akhirat
– Q.S. al-Mu’minun (23) ayat 115 – 116 kembali pada AllahXbukan sekedar permainan (menyembah Tuhan)
3. Keunggulan manusia dari makhluk lainnya
– Q.S. al-Baqarah (2) ayat 30 – 39 khalifah
– Q.S. al-Isro (17) ayat 70àdilebihkan dr makhluk lain, angkutan darat laut, rezki yg baik-baik-wawau
– Q.S. al-Rad (13) ayat 11à dijaga malaikat muka belakang

4. Kelemahan manusia
– Q.S. al-Maarij (70) ayat 19 – 27 keluh kesah-kesusahan, kebaikan-kikir
– Q.S. al-Rum (30) ayat 54, DHA’IF
– Q.S. al-Ahzab (33) ayat 72à zalim, jahil (bodoh)
 – Q.S. al-Balad (190) ayat 4 – 8àkeluh kesah
– Q.S. al-Nisa (4) ayat 28 – 29àdhaif
5. Percaya diri dan tidak putus asa
Q.S. al-Baqarah (2) ayat 223àkabar gembira beriman
 – Q.S. al-Zalzalah (99) ayat 1 – 8
– Q.S. Ali Imran (3) ayat 82àberpaling=fasik pada Allah berserah diri
– Q.S. Yusuf (12) ayat 87àSyu’aib-Yusuf jangan putus asa=kafir
– Q.S. Al-Hijr (15) ayat 56àputus asa sesat=Ibrahim tua dapat anak

6. Hukum Sejarah dan perubahan sosial
– Q.S. al-Isra (17) ayat 76 – 77àsunatina tahwila
– Q.S. al-Ahzab (33) ayat 38 dan 62à takdir Allah pasti terjadi haroj=terlaknat, ditangkap, dibunuh
– Q.S. al-Fathir (35) ayat 43àkesombongan & rencana jahat timpa diri sendiri
– Q.S. al-Maidah (5) ayat 78 – 81àbani israil dilaknat karena tdk amar ma’ruf nahi mungkar dan tolong menolong dgn orang kafir
– Q.S. al-Anfal (8) ayat 53àAllah tdk akan merubah nasib suatu kaum
– Q.S Muhammad (47) ayat 38àbakhil diganti umat lain
7. Kewajiban belajar mengajar
Q.S. al-Alaq (96) ayat 1 – 5àiqro’
 Q.S. al-Ghasyiyah ayat 88 lihat unta dicipta, langit ditgkan,gunung ditegakkan, bumi dihamparkan
 Q.S. Ali Imran (3) ayat 190 – 191àtanda kebesaran Allah
– Q.S. al-Taubah (9) ayat 122àliyunziro qaumahum
– Q.S. al-Ankabut (29) ayat 19 – 20à Allah mudah bikin manusia, siru fil ard

8. Tujuan Pendidikan
– Q.S. Ali Imran (3) ayat 138 – 139àpenerang, petunjuk, pelajaran, lemah, sedih, iman plg tinggi derajatnya
– Q.S. al-Fath (48) ayat 29àkeras thd kafir, sayang muslim, ruku’ sujud, bekas sujud, senang guru, jengkel kafir
– Q.S. al-Hajj (22) ayat 41àkedudukan teguh, sholat, zakat, amar ma’ruf nahi mungkar
 – Q.S. al-Zariyat (51) ayat 56àibadah
– Q.S. Hud (11) ayat 61àsembah Tuhan

9. Subyek pendidikan- Q.S. al-Rahman (55) ayat 2 Allah Ajarkan Qur’an
– Q.S. al-Najm (53) ayat 5 – 6 Jibril sangat kuat dan akal yg cerdas
 – Q.S. Kahfi (18) ayat 66 Nabi Musa-Khidir,”Boleh ikut supaya bisa ajarkan padaku ilmu yg benar”.
– Q.S. al-Nahl (16) ayat 43 – 44 Bertanya pd ahli zikir jk tidak tahu
10. Objek Pendidikan
– Q.S. al-Tahrim (66) ayat 6àdiri, keluarga
– Q.S. al-Syuara (26) ayat 214àkerabat terdekat
– Q.S. al-Taubah (9) ayat 122àkaum
– Q.S. al-Nisa (4) ayat 170àmanusia seluruhnya

11. Metode Pengajaran
– Q.S. al-Maidah (5) ayat 67àtabligh
 – Q.S. al-Nahl (16) ayat 125àhikmah, mau’izoh, mujadalah
– Q.S. al-A’raf (7) ayat 176 – 177àhalau, biarkan
– Q.S. Ibrahim, 14 – 25àpenanaman,peniruan, kristalisasi akar=aqidah, cabang=ibadah, buah=akhlak
Buku Sumber :
1. MM. Al-Hijazi, Tafsir al-Wadhih
2. Musthafa Al-Maraghi
3. Al-Zamakhsari, Tafsir al-kasyaf
4. Ibnu Katsir, Tafsir al-Qur’an al-Adzim
5. Al-Tabari, Jami Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur’an
6. Al-Alusi, Ruh al-Maani
7. Al-Qurtubi, Al-Jumi li Ahkam Al-Qur’an
8. Sayyid Quthb, Fi Dzilal Al-Qur’an
 9. Hamka, Tafsir Al-Azhar
10. Depag. RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya .

Ujian Tafsir Tarbawi
1. Pilih 5 dari 10 ayat!
2. Artikan ayat tersebut, ayat di atas berhubungan dengan apa dalam dunia pendidikan dan apa manfaatnya bagi anda dalam kehidupan sehari-hari?

-1ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِين
الرَّحْمَنُ (1) عَلَّمَ الْقُرْآَنَ (2)-2
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ-3
-4لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ (78) كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ
قَالَ وَمَنْ يَقْنَطُ مِنْ رَحْمَةِ رَبِّهِ إِلَّا الضَّالُّونَ-5
-6إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً-7

-وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ8
9-ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا-10
Selamat mengikuti ujian, semoga sukses!

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s