Hadits Tarbawi

HADITS TARBAWI

Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Kode Mata Kuliah : Tar.116
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : I (satu)

Diskripsi mata kuliah:

Jurusan Tarbiyah merupakan lembaga pendidikan guru yang bertugas membekali mahasiswanya agar dimasa yang akan datang dapat menjalankan profesinya secara benar berdasarkan ajaran Rosullullah saw. yang tertulis dalam hadits – hadits shohih.

Kedudukan sebagai guru / pendidikan akan menjadi panutan bagi lingkungannya baik secara pribadi maupun profesional. Karena itu guru / pendidikan perlu mempunyai pedoman dalam bertutur kata maupun berperilaku agar tidak mendapat sorotan negatif dari lingkungannya.

 

Standar Kompetensi

Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan petunjuk – petunjuk Nabi Muhammad saw. berkenaan dengan tata cara bermuamalat dalam kaitannya menjalankan profesinya sebagai guru / pendidi di masa yang akan datang.

 

1.    Menghayati hadits tata cara pergaulan

 

3.1. Menjelaskan matan hadits ten-tang tata cara pergaulan

3.2.   Menerapkan    isi     hadits tentang tata cara per-gaulan dalam kehidupan sehari– hari.

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan perihal isi hadits tata cara pergaulan
 

  • Larangan berkhalwat
  • Pergaulan dengan ipar
  • Macam – macam zina bagi anggota tubuh
 

100’

LCD /OHP/Teks

-     BM 735

-     LM 1403

-     LM 1701

 

- Tes Essay

 

2.    Memahami hadits perihal nikah

 

4.1. Menjelaskan matan hadist ten-tang pernikahan.

4.2. Menjelaskan matan hadits peri-hal mahar dan wali

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits tentang nikah, mahar dan wali
 

  • Nikah sebagai Sunnah Nabi
  • Anjuran Nikah
  • Larangan Nikah Mut’ah
  • Memilih calon istri
  • Mahar
  • Wali
 

2 x 100’

LCD / OHP / Teks

-     LM 885

-     LM 884

-     LM 889

-     BM 997

-     BM 1058

-     BM 1010

 

- Tes Essay

 

5. Mengerti hadits tentang tradisi

 

5.1. Menjelaskan hadits me-ngenai dorongan mencip-takan tradisi yang baik.

5.2.   Menjelaskan   hadits   ten-tang tra-disi mengikuti orang – orang terdahulu

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits tentang tradisi

 

 

  • Dorongan menciptakan tradisi yang baik
  • Tradisi mengikuti orang – orang terdahulu
 

100’

LCD / OHP / Teks

-     RS 172

-     LM 1708

 

- Tes Essay

 

6. Memahami hadits pendi-dikan anak.

 

6.1. Menjelaskan hadits yang me-nganjurkan untuk menghindarkan diri dari dari kebosanan dalam pendidikan

6.2. Menjelaskan hadits bahwa anak dilahirkan dalam keadaan fitrah.

6.3.   Menjelaskan hal  hal yang perlu dilakukan terhadap anak yang lahir.

 

  • Mengkaji dan diskusi tentang matan hadits, menghindari kebosanan dalam pendidikan, anak dilahirkan dalam keadaan fitrah dan hal – hal yang dilakukan orang tua terhadap anaknya yang lahir.
 

  • Menghindari kebosanan dalam pendidikan
  • Anak lahir atas dasar fitrah
  • Hal – hal yang dilakukan orang tua terhadap anaknya yang lahir.
 

100’

LCD / OHP / Teks.

-           LM 1798

 

-           LM 1702

-           LM: 1387, 1388

- Tes Essay
 

7. Memahami hadits perihal dakwah dan pengajaran.

 

7.1.   Menjelaskan   hadits   ten-tang dakwah dikalangan kaum wanita.

7.2.  Menjelaskan tata cara ber-dak-wah menurut hadits

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang menjelas-kan dakwah nabi dikalangan wanita dan tata cara berdak-wah.
 

  • Dakwah dikalangan wanita
  • Tata cara dakwah
 

100’

LCD / OHP / Teks

-           LM. 1690

-           LM. 11, RS : 170. LM 1491, AN 101

- Tes Essay
 

8. Memahami hadits jihad fi sabilillah

 

8.1. Menjelaskan arti jihad fi sabilillah menurut hadits.

8.2.   Menjelaskan  motivasi   ji-had yang benar

8.3. Menjelaskan hal–hal yang termasuk jihad fi sabillillah

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang menjelskan arti, motivasi dan hal – hal yang termasuk jihad fi sabilillah
 

  • Arti jihad fi sabilillah
  • Motivasi jihad fi sabilillah
  • Hal – hal yang termasuk jihad fi sabilillah
 

100’

OHP / LCD/ Teks

-           LM 1242

-           LM 1237, 1243

-           LM 1653, AN : 45

- Tes Essay
 

9.  Memahami  hadits   ten-tang pimpinan dan jabatan

 

9.1. Menjelaskan  tanggung  jawab pemimpin menurut hadits

9.2. Menjelaskan kedudukan pemimpin berdasarkan hadits.

9.3.  Menjelaskan     larangan mencari jabatan berdasar-kan hadits.

9.4.  Menjelaskan  batas  keta-atan terhadap pemimpin menurut hadits.

 

9.5. Menjelaskan wanita se-bagai ke-pala negara menurut  hadits.

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang menjelas-kan tanggung jawab dan kedudukan pemimpin, larangan mencari jabatan, batas ketaatan terhadap pemimpin, dan wanita sebagai kepala Negara.
 

  • Tanggung jawab pemimpin
  • Kedudukan pemimpin
  • Larangan mencari jabatan
  • Batas ketaatan terhadap pemimpin
  • Wanita menjadi kepala negara
 

100’

OHP / LCD / Teks

LM : 499

LM : 1200

LM 1197, 1198

LM 1205, 1206

BM 1422

- Tes Essay
 

10. Memahami  hadits tentang hadiah dan suap

 

10.1   Menjelaskan   kebolehan memberi /menataq ha-diah menurut hadits.

10.2.  Menjelaskan     larangan menyuap berdasarkan hadits,

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan hadits yang menjelaskan kebolehan memberi hadian dan larangan menerima suap dan menyuap
 

  • Memberi / menerima hadiah
  • Larangan menerima / memberi sualp
 

100’

OHP / LCD / Teks

LM 1202

LM 1424, RS 180

- Tes Essay
 

11.  Mengkaji  hadits ten-tang kepedulian sosial

 

11.1.  Menjelaskan   hal – hal yang termasuk kepeduli-an sosial dan  balasan-nya dari Allah.

11.2.   Melaksanakan   aksi   ke-pedulian sosial

 

  • Mengkaji dan mendiskusikan hal – hal yang termasuk kepedulian sosial.
 

  • Hal – hal yang termasuk kepedulian sosial
 

100’

OHP / LCD / Teks

LM : 1682, AS 123,

LM: 1683, 1447, 1448

- Tes Essay

 

Keterangan:

LM : Al – lu’lu’ wal Marjun (Muhammad Fuad Abdul Baqi”)

BM : Bulughul Maram (Ibnu Hajar Al – Asqalani)

RS : Riyadlush Shalihin (Ibnu Hajar Al – Asqalani)

AN : Al – Adabun Nabi (Abdul ‘Azis Al – Khulli)

Ujian Hadits Tarbawi

1.  Pilih 5 dari 10 hadits!

2.  Artikan hadits tersebut dan apa pokok-pokok kandungan hadits yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

 

إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث:-1

صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له

}  2-عن عبدالله بن عمروبن العاص رض الله عنه : عن النبي ص م قال: رضاالله في رضاالوالدين وسخط الله في سخط   الوالدين (خرجه البيهقي)

المسلمُ أخوالمسلم، لايخونه، ولايكذبه، ولايخذله-3

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ في رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ في أَثَرِهِ فَليَصِل رَحِمَه-4

-أنا وكافل اليتيم في الجنة هكذا وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما-5

اتق الله حيثما كنت وأتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن-6

7-صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

آية المنافق ثلاث إذا حدث كذب وإذا وعد أخلف وإذا اؤتمن خان-8

9اليد العليا خير من اليد السفلى-

تبسُّمك في وجه أخيك لك صدقة-10

Selamat mengikuti ujian, semoga sukses!

 

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s